Wednesday 16 November 2016

Resep Membuat Cilok Alakadarnya yang Lezat



Cilok Saus Cabe



Beberapa hari terakhir ini, Depok selalu diguyur hujan. Gak pagi, siang, sore atau malam. Udara dingin yang dihantarkan membuat perut dangdutan minta agar segera dimasuki sesuatu. Sayangnya, saat hujan melanda, akses keluar untuk membeli cemilan atau jajanan terhalang. Jalan satu-satunya adalah dengan memanfaatka bahan-bahan yang tersedia di rumah. Begitu buka lemari, untungnya masih ada tepung terigu dan tepung kanji yang masih tersisa. Otak saya pun segera bekerja untuk menghasilkan suatu makanan. 

CILOK!

Siapa sih yang tidak mengenal cilok? Cilok atau singkatan dari aci dicolok ini merupakan jajanan khas Sunda yang dibuat dari bahan tepung terigu dan tepung kanji yang diolah dengan cara direbus. Semua kalangan dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang sudah tua juga gemar memakan jajanan ini. Bahkan, sekarang ini, nama cilok sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat di seluruh Indonesia. Harganya pun relatif murah. 

Banyak yang menjadikan cilok sebagai peluang usaha bisnis kuliner. Berbagai varian pun disuguhkan untuk menarik minat pembeli. Untuk rasa gurih, Anda bisa menambahkan varian isi berupa bakso, sosis, ikan, kentang dan lain-lain. Atau jika ingin menambahkan rasa manis di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan saus strawberry, keju, coklat atau vanilla. Untuk sausnya, jangan hanya terpaku pada saus kacang saja seperti jajanan cilok pada umumnya. Anda bisa mengkreasikan dengan bahan lain seperti menggunakan saus barbeque, teriyaki, saus oriental atau saus pedas manis. Anda pun bisa menjualnya dengan cara keliling menggunakan gerobak atau membuka stan sendiri di warung cilok Anda.

Nah, karena bahan yang ada di rumah hanya terbatas, jadi, resep yang akan saya bagikan tentunya yang alakadarnya. Meskipun begitu, tetap tak mengurangi rasanya yang lezat lho … simak, yuk!

Cara Membuat Cilok Alakadarnya yang Lezat
Bahan utama:
-          Air untuk merebus secukupnya
-          250 gram tepung kanji (ayak)
-          250 gram tepung terigu (ayak)
-          Daun bawang secukupnya, iris
-          Kaldu bubuk secukupnya
-          Garam secukupnya
-          Air hangat secukupnya
Bumbu untuk dihaluskan:
-          3 siung bawang putih
-          1 bungkus merica bubuk (saya beli yang rencengan)
-          Setengah bungkus teri putih (saya gak tahu pasti jumlah gramnya. Cuma kalau suka beli di warung itu teri warna putih kecil-kecil itu saya pakai setengahnya)

Cara membuat cilok:
-          Ke dalam terigu yang telah diayak, masukan air hangat, bumbu yang sudah dihaluskan, kaldu bubuk dan garam secukupnya kemudian aduk rata. Masukan tepung kanji lalu masukan lagi air sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga kalis. Bila dirasa kurang kalis, bisa ditambahi tepung kanji. Jangan lupa dicoba dulu rasanya. Dari rasa gurih normal yang biasa saya taksir, saya naikkan satu level karena nanti akan melebur dengan rebusan air.
-          Siapkan air dalam panci, didihkan. Sambil menunggu air mendidih, adonan yang sudah kalis tersebut dibentuk adonan bulat-bulat kecil atau sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.
-          Sesudah mendidih, masukan adonan cilok yang sudah dibentuk bulat-bulat tadi. Jika mengapung, tandanya cilok sudah matang. Angkat lalu tiriskan.

Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, bahan-bahan yang terbatas di rumah membuat saya tidak bisa membuat saus kacang sebagaimana biasanya. Maka, sebagai ganti saya memakai saus cabe dan kecap botolan yang selalu saya sediakan sebagai menu tambahan makanan dan bumbu masakan. Tetap enak dan lezat kok. Ciyus.
Tapi berhubung kayak kurang afdol, sekalian saja saya bagikan cara membuat saus kacang. Biar bisa dipraktekkan oleh Anda di rumah. Yuk, simak!

Bahan-bahan membuat saus kacang:
-          150 gram kacang tanah, goreng, tiriskan
-          Cabe rawit secukupnya
-          1 siung Bawang putih
-          2 buah kemiri
-          Gula merah secukupnya
-          Kecap
-          Garam
-          Daun jeruk
-          Minyak untuk menumis
Cara membuat
-          Kacang tanah, cabe rawit, bawang putih, kemiri lalu tumbuk hingga halus
-          Panaskan minyak, masukan kacang yang sudah dihaluskan tersebut. Masukan daun jeruk, gula, garam dan rasakan. Bisa ditambah kecap untuk warna lebih menarik.
-          Bila sudah mengental, angkat dan tuangkan pada cilok matang yang sudah ditata.

Naaahh, mudah dan praktis, bukan? Camilan ini sangat cocok di saat santai keluarga.

No comments:

Post a Comment